Jumat, 02 November 2012

Wasir-Ambeien




Beberapa tanaman/buah yang dapat digunakan untuk mengatasi Wasir/Ambeien, antara lain:

  1. DAUN UNGU / Handeuleum (Graptophyllum pictum Griff.)
    Efek : pencahar ringan (mild laxative), pelembut kulit (emolien)
  2. LIDAH BUAYA ( Aloe vera L.)
    Efek : Pencahar (laxative), antiradang, melembutkan kulit (emoliens)
  3. KUNYIT (Curcuma longa L.)
    Efek : antiradang, antibakteri, melancarkan sirkulasi darah, menghilangkan sumbatan, astringent.
  4. DAUN DEWA (Gynura segetum Lour.)
    Efek : mengurangi pembengkakan, melancarkan sirkulasi darah, mengurangi rasa sakit (analgetik)
  5. KROKOT (Portulaca oleracea L.)
    Efek : Menghilangkan sakit, mengurangi bengkak, melancarkan sirkulasi darah.
  6. SOSOR BEBEK (Kalanchoe pinnata Pers.)
    Efek : Antiradang, mengurangi pembengkakan, menghentikan pendarahan.
  7. AKAR TERATAI (Nelumbium nelumbo Druce.)
    Efek : Menghentikan pendarahan
  8. PEGAGAN (Centella asiatica Urban.)
    Efek: Anti-infeksi, menyejukkan
     
  9. MANGGIS
  10. SIRSAK
  11. PISANG AMBON
  12. JAMBU BIJI
  13. BUNGA PAGODA
  14. PEPAYA
  15. BUAH PINANG
  16. BAWANG PUTIH 
  17. TERATAI
  18. KANGKUNG
  19. TOMAT
  20. KELAPA
  21. UBI UNGU

Berikut beberapa contoh resep herbal/tanaman obat untuk mengobati wasir :



Pemakaian dalam

Resep 1.
Daun Ungu
15 lembar daun ungu/handeuleum + 20 gram kunyit + 15 gram pegagan, dicuci dan direbus dengan 600 cc air hingga 300 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari, setiap kali 150 cc.

Resep 2.
Daun Lidah Buaya
90 gram daun lidah buaya (dikupas kulitnya dan dipotong-potong) + 15 gram daun dewa, direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, tambahkan madu, airnya diminum, daging daun lidah buayanya dimakan.

Resep 3.
Teratai
Akar teratai dicuci bersih lalu dijuice hingga airnya terkumpul 1 gelas ukuran 200 cc, lalu diminum. (Untuk wasir berdarah).

Resep 4.
Daun Cocor bebek+Krokot
30 gram krokot + 30 gram daun cocor bebek, dicuci, lalu direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, tambahkan madu, airnya diminum 2 kali sehari.
Daun Cocor Bebek dicuci bersih lalu dikeringkan. Daun kering tersebut digiling halus menjadi bubuk. Ambil 1 sendok makan bubuk tersebut, lalu diseduh dengan 3/4 cangkir air panas. Tambahkan madu 1 sendok makan sambil diaduk merata. Minum selagi hangat. Lakukan 3x/hari.
Daun Cocor Bebek segar sebanyak 25gr dicuci lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa separuhnya/ 1 gelas. Dinginkan lalu disaring. Air saringan diminum sekaligus. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

Resep 5.
Kelapa+Tomat
  • Siapkan 1 butir kelapa tua
  • Siapkan 1 butir tomat merah
  • Siapkan gelas
  • Siapkan sendok
 Berikut ikhtiarnya:
  1. Kelapa diparut, diperas, dan santannya dimasak. Lama kelamaan dari hasil pemanasan ini akan muncul minyaknya. Bila selesai masak minyaknya disisihkan di tempat yang telah disediakan.
  2. Lalu masukkan 1 butir tomat ke dalam gelas dan masukkan pula satu sendok makan minyak kelapa yang kita buat. Dan tumbuk secukupnya tomat tersebut dengan memakai sendok tersebut. Tidak perlu sampai halus. Yang terpenting bisa ditelan oleh mulut kita dan dimamah dengan baik dalam pencernaan kita.
  3. Setelah itu makan hasil olahan sederhana itu. Kamu buat obat itu dua kali sehari, pagi dan malam. Ingat!, baca basmallah terlebih dahulu sebelum menelannya.
  4. Senantiasa berdoa.

Resep 6.
Sirsak (Annona muricata)
Sirsak buah yang bernama latin Annona muricata, di kenal juga dengan nama nangka sabrang, nangka londo, Nangka buris, dan di Bali, lebih dikenali sebagai srikaya Jawa, selain lezat, buah ini juga kaya kandungan obat. Beberapa penyakit yang dipecaya dapat di obati oleh buah sirsak ini antara lain: ambeien, kandung kemih, menceret, dan bisul dapat disembuhkan.
Buah sirsak yang sudah masak. Peras untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Resep 7.
Manggis
Resep murah, yaitu buah manggis 1 buah dimakan sekaligus isinya, jadi isinya juga ditelah.. manjur lho… dan reaksinya sangat cepat dan sekarang mumpung lagi musim manggis. (najiv22@yahoo.co.id)
Obt yg cukup manjur, yaitu getah batang, daun or buah manggis, dilarutkan dalam segelas air putih diminum pagi hari sebelum makan apa-apa.. Insya Alloh manjur (Jon)
Rebusan beberapa kulit manggis sampai mendidih lalu disaring, air rebusan dapat diminum untuk menghilangkan rasa sakit ambien. Minum saat pagi hari setelah sarapan.

Resep 8.
Teripang
Kalo mo sembuh wasir selamanya, coba minum sari teripang.

Resep 9.

Tape SingkongMakanlah tape singkong yang benar-benar masak (sangat lembek) secara rutin 3 kali sehari. Lakukan kebiasaan ini walaupun gejala ambeien sudah menghilang. Beberapa literatur menyebutkan bahwa tape dari bahan lain seperti tape ketan putih atau tape ketan hitam juga bisa mengobati ambeien, bahkan ambeien yang sudah parah sekalipun. Konon ragi yang terkandung pada tape bisa menyehatkan pencernaan dan saluran pembuangan.

Resep 10.

Jambu BijiCuci bersih beberapa lembar pucuk daun jambu batu muda dan 1 buah pisang batu yang tidak dikupas. Haluskan dan peras hingga mengeluarkan air. Minum air perasan tersebut setiap hari secara rutin sampai penyakit ambeien sembuh.

Resep 11.

Pisang Ambon
Caranya 1 buah pisang ambon di blender dan ditambah dengan susu murni sebanyak satu gelas. Minum selama 3 gelas sehari secara teratur selama seminggu


Resep 12.

Kangkung
Cuci kangkung dengan air hangat dan di blender halus, kemudian saring airnya. Setelah itu campur dengan satu butir telor ayam kampung dan garam dapur secukupnya. Aduk hingga rata. Minum sehari sekali sebelum tidur.


Resep 13.
Pegagan
Bersihkan dan potong-potong 5 tanaman pegagan berikut akarnya. Tambahkan 1 cangkir air panas dan didihkan sekitar 5 menit. Biarkan dingin lalu minum sedikit demi sedikit 1 cangkir sehari.
  
Resep 14.
Bunga Pagoda
Bersihkan dan 
rebus 8 lembar bunga pagoda dengan 120 ml air yang ditambah dengan madu 25ml. Rebus hingga mendidih lalu disaring dan diminum pada pagi dan sore hari.

Resep 15.
Pepaya
Bersihkan dan
rebus daun pepaya yang hampir tua dengan air sampai mendidih lalu disaring. Minum hasil air yang sudah disaring tadi pada waktu pagi/sore hari.
 
Resep 16.
Ubi UnguKandungan serat dan pektin dalam ubi ungu sangat baik untuk mencegah gangguan pencernaan seperti wasir, sembelit hingga kanker kolon. Pektin adalah senyawa polisakarida kompleks yang ada dalam dinding sel tumbuhan dan bisa di jumpai dalam berbagai jenis tanaman pangan. Makan pagi hari sebagai sarapan rutin.
Pemakaian luar :
  • Daun lidah buaya dikupas kulitnya kemudian dijus. Ambil jus lidah buaya secukupnya, tambahkan bubuk norit dan bubuk gambir secukupnya dengan perbandingan 3 : 1, aduk hingga rata lalu dioleskan pada wasir yang menonjol keluar.
  • Cuka apel dapat mengurangi rasa gatal pada sekeliling anus penderita wasir, oleskan cuka apel pada bagian yang gatal menggunakan kain lap bersih secara merata.
  • Untuk mengobati wasir juga bisa dengan bawang putih karena rempah ini mengandung antibakteri dan antioksidan. Tumbuk bawang putih sampai halus kemudian di balurkan pada bagian yg sakit

Hindari makanan pantangan penderita wasir, yaitu :


  • Cabe (pedas)
  • Nangka
  • Durian
  • Nanas
  • Daging kambing
  • Kopi
  • Goreng-gorengan
  • Santan
  • Cumi
  • Bandeng
  • Hindari olah raga berat, seperti angkat besi

 Catatan :

  • Dengan olah raga ringan yg teratur seperti lari kecil, jalan cepat, scot jump, kombinasi gerakan berdiri-ruku-jongkok-ruku-berdiri (minimal 20 kali, sehari 3 kali)
  • Perbanyak makanan berserat seperti sayur dan buah-buahan
  • Sangat dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih, khasiat air putih bagus untuk membersihkan sisa makanan yang tidak terserap dan membersihkan pencernaan. Selain itu air putih juga membantu agar kita lancar BAB
  • Pilih salah satu resep dan lakukan secara teratur 
  • Untuk perebusan gunakan periuk tanah atau panci enamel jangan menggunakan bahan terbuat dari Alumunium
(..di kutip dari Berbagai Sumber..)

0 komentar:

Posting Komentar