Senin, 03 Oktober 2016

Manfaat Daun Kenikir bagi Kesehatan Tubuh

Daun Kenikir atau sintrong (Sunda) sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari, mungkin terasa hanya sebagai sayuran yang sepele dan sederhana. Namun dibalik itu, terdapat manfaat daun kenikir ini akan sangat membantu bagi orang-orang mengalami masalah gangguan kesehatan tertentu. Menyandang nama latin Cosmos Caudatus Kunth. Kandungan zat di dalam daun kenikir seperti berikut :

  • Tokoferol
  • Polifenol
  • Hidroksieugenol
  • Flavonoid
  • Saponin
  • Terpenoid
  • Mineral
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Kuersetin
  • Koniferil alkohol

 Manfaat Daun Kenikir Untuk Pengobatan

1. Obat Maag dan lemah lambung
Daun kenikir memiliki kandungan tokoferol, polifenol, dan hidroksieugenol yang bermanfaat untuk menetralkan asam lambung. Zat ini juga dapat menguatkan otot sphingter lambung, yang bekerja untuk menerima berbagai asupan makanan tanpa membahayakan lambung seseorang. Untuk mengkonsumsi daun kenikir, dapat merebusnya dengan menambahkan garam kemudian memakannya dalam bentuk lalapan.


2. Obat Lemah Jantung
Daun kenikir mengandung manfaat antioksidan dan flavonoid yang berperan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Jika di area jantung, senyawa flavonoid ini akan bermanfaat untuk memperlancar aliran darah dengan cara memperkuat otot jantung dan pembuluh darah untuk mengalirkan darah. Anda dapat merebus 5 lembar daun kenikir dengan 250ml air, kemudian meminum air rebusannya 2 kali sehari.   

3. Obat Kanker
Daun kenikir dengan kandungan senyawa saponin, terpenoid, flavonoid dan antioksidan yang mampu melawan kanker, seperti kanker payudara, kanker lambung dan kanker hati. Untuk menanggulangi penyakit kanker dapat mengkonsumsi rebusan daun kenikir sesering mungkin, namun tetap mengkonsumsi manfaat air putih yang berfungsi untuk pelarut zat agar mudah terbawa oleh darah.

4. Obat Gondongan
Saat digunakan sebagai obat gondongan, cara membuat obat daun kenikir ini terlebih dahulu yaitu :
  • Menumbuk daun kenikir hingga halus
  • Setelah halus kemudian dicampur dengan cuka, dengan perbandingan 1:1
  • Dioleskan pada bagian yang sakit 3 kali dalam sehari.
Daun kenikir dengan senyawa polifenol dan tokoferol bermanfaat meredakan peradangan akibat gondongan.

5. Obat Payudara Bengkak
Daun kenikir dapat mengobati payudara yang bengkak akibat terus-menerus mengeluarkan ASI.
Cara pembuatan obatnya yaitu :
  • Ambil beberapa helai daun
  • Siapkan kompor dengan api kecil, kemudian dibakar hingga layu
  • Usapkan ke sekitar payudara selagi hangat
  • Pengobatan dilakukan 3 kali sehari
Senyawa terpenoid dan anti inflamasi yang dimilikinya akan meredakan pembengkakan yang terjadi.

6. Obat Cuci Darah
Daun kenikir memiliki kandungan manfaat vitamin E, antioksidan, dan flavonoid yang dapat menetralkan racun yang terbawa darah. Jika dikonsumsi teratur akan membersihkan darah dari racun yang tidak sengaja masuk dalam tubuh.

Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan Tubuh

7. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
Daun kenikir mengandung manfaat vitamin A dan E yang bermanfaat untuk memperbaiki sistem imun tubuh. Kandungan senyawa protein dalam kenikir juga membantu pembentukan fagosit untuk imun tubuh. Selain itu, manfaat vitamin C juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh, seperti yang terdapat dalam manfaat buah-buahan.

8. Menguatkan Tulang
Daun kenikir dapat bermanfaat untuk menguatkan tulang, hal ini karena kenikir memiliki kandungan mineral, kalsium dan magnesium yang tinggi untuk membantu pertumbuhan tulang. Daun kenikir dapat dikonsumsi secara langsung dalam bentuk lalapan atau dapat meminum air rebusan kenikir, yang dicampur dengan manfaat madu.

9. Penambah Nafsu Makan
Daun kenikir dapat berfungsi sebagai obat penambah nafsu makan, karena kenikir memiliki kandungan senyawa kuersetin yang dapat meningkatkan nafsu makan, terutama pada anak-anak. Daun kenikir dapat diolah sebagai makanan lalapan yang dikonsumsi 3 kali dalam seminggu. Kenikir juga baik digunakan untuk menambah nafsu makan seseorang setelah operasi tertentu, untuk mengembalikan stamina tubuhnya.

10. Mengatasi Bau Mulut
Daun kenikir memiliki kandungan koniferil alkohol yang berfungsi membunuh bakteri dan kuman yang ikut terbawa dalam makanan. Senyawa tersebut akan membersihkan area lidah dan air ludah dari bakteri penyebab bau mulut. Untuk mendapatkan hasil maksimal untuk membunuh kuman, dapat dikonsumsi dalam bentuk mentah setelah dicuci bersih, kemudian dikunyah selama 20-30 detik, lalu berkumur. Jika tidak, dapat mengkonsumsinya setelah direbus dengan air garam, setidaknya 2 kali sehari.

11. Mencegah Penuaan Dini
Daun kenikir juga bisa mencegah tubuh anda dari penuaan dini. Yang mana dengan mengkonsumsi sayur kenikir secara rutin, maka kulit anda bisa terjaga dengan baik, dan sehat. Sehingga hal tersebut bisa mencegah kulit mudah keriput. Oleh sebab itu, hendaknya daun kenikir in bisa anda konsumsi secara rutin, agar tubuh terlihat awet muda.

12. Mengobati Radang Kulit Bernanah
Bahan
Akar dan daun kenikir (Tagetes erecta) segar secukupnya
Cara Membuat
Cuci bunga kering kenikir sampai bersih, lalu lumatkan bahan.
Gunakan ramuan herbal sebagai tapal di bagian yang sakit.

13. Mengobati Sakit Gigi
Bahan
Bunga kering kenikir (Tagetes erecta) 13 gr
Air 2 gelas
Cara Membuat
Cuci bunga kering kenikir sampai bersih. Rebus hingga air tersisa 1 gelas. Dinginkan dan saring.
Minum ramuan 2 x 1 hari, masing-masing ½ gelas.

14. Mengobati Batuk
Bahan
Bunga kering kenikir (Tagetes erecta) 17 gr
Air 2 gelas
Cara Membuat
Cuci bunga kering kenikir sampai bersih. Rebus hingga air tersisa 1 gelas. Dinginkan dan saring.
Minum ramuan 2 x 1 hari, masing-masing ½ gelas.

15. Mengobati Radang Tenggorokan Infeksi dan Radang Saluran Napas
Bahan
Bunga kering kenikir (Tagetes erecta) 13 gr
Air 2 gelas
Cara Membuat
Cuci bunga kering kenikir sampai bersih. Rebus hingga air tersisa 1 gelas. Dinginkan dan saring.
Minum ramuan 2 x 1 hari, masing-masing ½ gelas.

16. Mengobati Sariawan
Bahan
Bunga kering kenikir (Tagetes erecta) 13 gr
Air 2 gelas
Cara Membuat
Cuci bunga kering kenikir sampai bersih. Rebus hingga air tersisa 1 gelas. Dinginkan dan saring.
Minum ramuan herbal 2 x 1 hari, masing-masing ½ gelas.

17. Mengobati Sakit Mata
Bahan
Bunga kenikir (Tagetes erecta) 13 gr
Air bersih 2 gelas
Cara Membuat
Cuci bunga kenikir sampai bersih. Setelah bersih jemur supaya kering. Rebus kenikir yang sudah kering tersebut sampai mendidih, biarkan hingga air tersisa 1 gelas. Dinginkan dan saring.
Minum ramuan herbal ini 2 x 1 hari, masing-masing ½ gelas.

18. Mengobati Kejang pada Anak-anak
Bahan
Bunga kenikir (Tagetes erecta) 13 gr
Air 2 gelas
Cara Membuat
Cuci bunga sampai bersih. Setelah bersih jemur supaya kering. Rebus kenikir kering hingga air tersisa 1 gelas. Dinginkan dan saring.
Minum ramuan herbal kenikir 2 x 1 hari, masing-masing ½ gelas




Tanaman Ini Terbukti Hancurkan Sel Kanker Payudara Dalam Sehari! Bantu Share ya

Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh kaum hawa. Penyakit ini telah banyak membunuh penderitanya di seluruh dunia. Meski berbahaya, kita khususnya para wanita bisa melakukan upaya pencegahan. Salah satu upayanya adalah sering mengkonsumsi artemisinin. Anda tahu apa itu artemisinin? Tanaman tersebut sepertinya sudah tidak asing lagi bagi kita, karena kita bisa menemukan tanaman itu banyak tumbuh di halaman-halaman pekarangan rumah. Jika anda orang sunda yang menyukai lalapan, tanaman ini merupakan jenis tanaman yang biasa di konsumsi sebagai lalapan.
Info ini saya dapatkan dari seorang teman kantor, beberapa hari yang lalu di sela-sela perbincangan saat pelatihan ia menceritakan khasiat beberpa jenis tanaman pekarangan. Salah satunya adalah tanaman artemisinin, sejenis tanaman yang sering kami konsumsi sebagai lalapan dirumah. Kemudian saya coba mencari info detailnya di google. Dan… ternyata saya baru mengetahui Bahwa Artemisia annua atau sintrong (sebutan orang sunda) adalah sejenis tanaman yang memiliki khasiat luar biasa. Selain dapat menyembuhkan penyakit kanker terutama kanker payudara, tanaman ini juga dapat mengobati penyakit malaria. Sebelumnya saya tidak pernah berpikir bahwa tanaman ini memiliki kandungan untuk menyembuhkan kanker, meskipun bagi keluarga saya tanaman ini memang jenis tanaman yang familiar karna ayah saya sejak dulu saat masih kecil sampai sekarang selalu menanamnya di pekarangan rumah.
Berikut ini penjelasan kenapa artemisinin itu luar biasa:
Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Life Science, tanaman ini telah digunakan dalam pengobatan China dan mampu membunuh 98 persen sel-sel kanker payudara hanya dalam waktu kurang dari 16 jam. tanaman ini mengandung zat yang berfungsi menurunkan sebesar 98 persen dari sel-sel kanker payudara,  jika tanaman ini dikombinasikan dengan tanaman apsintus, hasilnya akan menghilangkan hampir seluruh sel-sel kanker di tubuh Anda.
Artemisinin merupakan turunan dari tanaman apsintus (Artemisia annua). Ekstrak tanaman ini telah digunakan di China untuk melawan penyakit malaria selama ribuan tahun. The bioengineers Henry Lai dan Narendra Singh dari University of Washington, Seattle, adalah dua ilmuwan yang pertama kali menemukan hal ini. Hasil penelitian mereka telah membuktikan bahwa sel kanker akan mengalami apoptosis (hancur dengan sendirinya).

0 komentar:

Posting Komentar